Dalam bidang keilmuan psikologi terutama dalam bidang psikologi yang menggunakan komputer sebagai media/alat utama, para lulusan psikologi dapat memiliki peluang kerja yang besar seperti berikut ini:

  1. Psikolog/konsultan di biro pelayanan jasa psikologi manajemen dan organisasi.Psikolog yang bekerja di bidang ini biasanya erat dengan dunia perkantoran, namun psikolog yang bekerja di biro pelayanan jasa psikologi tidak terikat pada satu perusahaan saja, biro pelayanan memberikan jasa psikologi bagi perusahaan mana pun yang membutuhkan jasanya. Untuk mempermudah pekerjaannya  di biro, maka psikolog membutuhkan komputer sebagai alat bantu yang menggunakan software microsoft office. Agar informasi yang di berikan dapat dengan mudah sampai ke perusahaan, maka di gunakan program microsoft office one note dan info path. Dengan menggunakan program ini,  informasi yang di berikan oleh psikolog dapat di terima secara real time oleh perusahaan yang akan menerapkan metode yang di berikan oleh psikolog dari biro tersebut. Karena semakin cepat metode di berikan, maka akan semakain besar peluang untuk berhasil bagi perusahaan yang menggunakan jasanya.
  2. Staf dan manajer di bagian pengembangan sumber daya manusia (SDM) pada berbagai perusahaan dan organisasi.Tidak jauh berbeda dengan psikolog yang bekerja di biro pelayanan psikologi, tetapi bedanya psikolog yang bekerja sebagai staf atau manajer di bagian pengembangan sumber daya manusia itu terikat dengan satu perusahaan di tempatnya bekerja. Dia bertanggung jawab penuh terhadap sumber daya manusia di tempatnya bekerja, dan memberikan laporan rutin kepada perusahaan mengenai keadaan SDM di perusahaan tersebut. Psikolog di bidang ini juga menggunkan komputer sebagai alat bantu yang berisi aplikasi program microsoft office one note dan info path. Dengan menggunakan program ini data dapat dikirimkan secara cepat kepada pimpinan perusahan tempatnya bekerja.
  3. Psikolog/asisten psikolog di Rumah Sakit Umum dan Rumah Sakit Jiwa.

    Bekerja di rumah sakit umum atau rumah sakit jiwa, pasti akan menemui tantangan yang datang dari pasien yang mengidap penyakit tertentu. Seorang pasien yang baru saja di vonis oleh dokter mengidap suatu penyakit bisa mengakibatkan kondisi kejiwaan pasien tersebut menurun. Disinilah peran seorang psikolog untuk memberikan motivasi kepada pasien dan keluarga pasien itu. Psikolog harus bisa membesarkan hatinya dan memberikan semangat untuk tidak menyerah, banyak kisah dari orang-orang yang tidak menyerah di seluruh dunia yang bisa ditayangkan oleh psikolog melaui program windows media player. Kisah ini bisa membantu psikolog dalam memberikan motivasi bagi pasien dan keluarga pasien.
  4. Psikolog/asisten psikolog di lembaga lembaga pendidikan.Psikolog yang bekerja di lembaga pendidikan akan banyak berkecimpung dalam dunia konseling pelajar di suatu sekolah/universitas, komputer di butuhkan disini sebagai media untuk mengumpulkan data pelajar di sekolah tersebut. Ada kalanya seorang pelajar membutuhkan konseling dari seorang psikolog yang menjadi guru BP/BK, nah untuk mempermudah proses konseling ini, maka seorang guru BK menggunakan komputer sebagai alat bantu penyampaian pesan, sang guru bisa menggunakan software power point dari microsoft, dari tiap slidenya, guru bisa menyematkan beberapa video atau gambar yang berhubungan dengan kasus yang tengah dihadapi oleh muridnya, sehingga penjelasan menjadi lebih mudah di pahami oleh murid karena memiliki tampilan audio dan visual.
  5. Psikolog/asisten psikolog di Lembaga Psikologi Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Polisi Republik Indonesia (Polri).Peran psikolog dan asisten psikolog dalam dunia militer dan kepolisian sangat penting. Militer termasuk ke dalam dunia yang keras, di mana aspek mental, psikis dan kejiwaan sangat dipermainkan di dunia ini. Banyak anggota TNI/Polri mengalami depresi berat seusai mereka pulang dari bertugas. Menanggapi hal ini maka psikolog harus bisa mencari jalan agar trauma tidak terjadi pada pasukan yang akan dikirimkan untuk bertugas, psikolog bisa menggunkana software Falcon View untuk memantau  kondisi geologis dan antropologis suatu medan tempur secara up to date. Dengan sotware ini juga psikolog bisa memastikan apakah kondisi kejiwaan seorang prajurit cocok atau tidak untuk diterjunkan ke medan tempur, karena software ini memungkinkan psikolog untuk mengolah hasil pemeriksaan psikologis menjadi data untuk di cocokkan ke medan tempur yang di tuju.
  6. Psikolog/asisten psikolog di Lembaga-lembaga pemerintahan.Lembaga pemerintahan merupakan lembaga yang menjadi pusat bagi setiap peraturan dan kebijakan yang di tetapkan suatu daerah. Untuk membuat kebijakan ini, di perlukan peran seorang psikolog untuk bisa memahami karakter dari penduduk yang menempati daerah itu. Antara daerah satu dengan daerah yang lain tentu berbeda karakteristik dan budayanya, karenanya psikolog harus bisa memahami aspek antropologis yang terjadi. Setelah melakukan observasi, psikolog akan mengolah data menggunakan software ask toolbar/ lalu mengkonversikan hasilnya dengan peraturan yang telah di buat oleh pemerintahan pusat, apabila terdapat ketidaksesuaian, maka peraturan tersebuat akan diubah sesuai dengan keadaan penduduk yang menempati daerah itu.
  7. Tim kreatif di Biro-biro AdvertisingBekerja sebagai tim kreatif  pada suatu perusahaan mainan  anak-anak, maka seorang psikolog/ilmuwan psikologi harus bisa berpikir kreatif dalam menanggapi model dan tren mainan yang sedang disukai anak-anak dan juga harus memikirkan sisi psikologis anak, dan dampak perkembangan psikologis yang diakibatkan oleh mainan yang akan di buat .Mainan yang baik, harus memiliki nilai edukasi dan menyenangkan bagi anak dan juga meningkatkan kreatifitas anak tentunya. Terkadang dalam menciptakan suatu paket desain mainan, baik itu dari segi packaging dan pemilian warna, diperlukan dana yang besar dan waktu yang panjang. Oleh karena hal itu psikolog memerlukan komputer sebagai alat bantu untuk membuat design, software yang digunakan adalah Corel Draw, dengan software ini seorang psikolog dapat membuat model 3 dimensi dari produk yang akan dibuat dengan cepat. Lalu setelah sampel dibuat, maka sampel dibagikan kepada anak-anak untuk dilakukan survey mengenai produk yang akan diciptakan, selanjutnya hasil dari survey ini diolah dengan menggunakan software ask toolbar untuk mendapatkan feedback dari orang tua anak-anak tersebut mengenai minan yang di buat.
  8. Wirausahawan pada jasa pelayanan psikologi, manajemen dan organisasi.
    Seorang psikoolog yang telah terdaftar di HIMPSI dan telah memiliki izin praktek jasa pelayanan psikologi bisa membuka praktek di suatu tempat tanpa harus terikat dengan suatu biro. Karena psikolog ini berdiri sendiri, maka di butuhkan komputer sebagai alat bantu untuk mendukung kelancaran kegiatannya. Microsoft office sudah pasti sangat di perlukan untuk mengolah data klien. Untuk lebih memberikan tampilan audio visual kepada klien, maka psikolog juga bisa memasang infocus di tempat praktiknya.

Sumber: http://www.psikologizone.com/jurusan-psikologi/06511562

http://www.inigis.com/falconview-open-source-gis-yang-dikembangkan-untuk-

militer/1030
http://www.microsoft.com/en-us/default.aspx