Modem HSPA+ (High Speed Packet Access Plus) adalah modem wireless yang memiliki kesepatan super tinggi pada basis teknologi GSM, dimana para pemakainya bisa mengakses data hingga kecepatan 21Mbps. Dahsyat memang, terutama bila digunakan oleh orang-orang yang memiliki mobilitas tinggi karena akan sangat membantu dalam kegiatan berinternetannya.
Kelebihan yang dimiliki modem HSPS+ adalah modem inin memiliki 2 pilihan frekuensi yang bisa dipilih tergantung wilayah dimana kita menggunakannya. Apabila kita di daerah perkotaan yang terjangkau jaringan UMTS maka kita bisa memilih frekuenfi HSPA yang bisa mencapai kecepatan optimal.
Namun jika kita berada di daerah pelosok yang tidak terjangkau jaringan UMTS maka kita bisa memilih frekuensi GPRS, jangan kuatir akan kecepatannya menurun karena modem inin mampu mengupgradenya menjadi kecepatan EDGE yang masih bisa diandalkan
Itulah keuntungan bila kita menggunakan modem HSPA+, namun ada satu kekurangannya yaitu harganya yang masih relatif mahal, terutama untuk para mahasiswa, semoga saja untuk kedepannya para pabrikan bisa mengeluarkan modem HSPA+ dengan harga yang lebih terjangkau.