Skuter matic biasanya diproduksi oleh pabrikan dengan menggunakan ukuran lingkaran roda yang lebih kecil daripada motoR bebek yakni sekitar 14-16 inchi. Hal ini terkadang membuat para pengendaranhya merasa motormatic terlalu  pendek, Lalu sebagian orang merubahnya dengan mengganti lingkar roda menjadi lebih besar, tapi hal ini sebetulnya sangat riskan melihat jarak antara ban dan sparkboard sangat sempit yang bisa berbahaya ketika shockbreaker mengayun dan ban bisa menghantam sparkboard hingga pecah.
Lalu bagaimana cara yang aman agar motor matic bisa mengadopsi ban dengan ukuran velg 17 inchi?
Berikut saya akan memberikan beberapa tipsnya:

  1. Pilih Velg yang memiliki profil tidak lebar untuk menghindari ban terjepit oleh CVT.
  2. Pilih ban dengan ukuran maksimal untuk ban depan : 70/90-17, dan untuk ban belakang ukurannya : 80/90-17, apabila lewat dari itu maka akn berbahaya bagi sparkboard anda.
  3. Tips yang terakhir adalah rubah shockbreaker yang memiliki ketinggian lebih 2 sampai 3 ulir diatas ukuran standardnya , hal ini untuk menjaga agar shockbreaker tetap aman saat berayun, tapi apabila dana yang dimiliki tipis, kita bisa mengakalinya dengan mengganjal shockbreaker dengan anting ring pengganjal yang banyak dijual di pasaran.

Mudah-mudahan tips yag saya berikan bisa bermanfaat bagi skuter matic anda.